Visi dan Misi

  1. Visi Pondok Pesantren Attaqwa Putri adalah menciptakan santri yang berilmu amaliah beramal ilmiah dengan landasan al Quran dan Sunnah Rasul SAW yang diformulasikan dalam kalimat singkat: ikhlas, berzikir, berfikir, dan beramal.
  2. Misi Pondok Pesantren Attaqwa Putri membentuk insan salehah yang mampu menegakkan ajaran Islam dalam aspek kehidupannya, insan yang berzikir dan berfikir, yang mampu menerima dan memberi nasehat, tidak otoriter dan tidak pula rendah diri.

Usaha transmisi dan internalisasi visi dan misi Pondok Pesantren Attaqwa Putri senantiasa berorientasi kepada santri agar memiliki:

  1. Kemampuan membaca dan memahami Al Quran,
  2. Kemampuan dalam membaca dan menguasai kitab-kitab turats/tsaqafi serta berbahasa Arab dan Inggris, dan
  3. Kemampuan untuk eksis di tengah-tengah masyarakat yang semakin majemuk serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik di dalam maupun di luar negri.

 Dalam bentuk konkretnya, tujuan pendidikan di Pondok Pesantren Attaqwa Putri adalah membentuk muslimah yang:

  1. Benar, yang mempunyai aqidah yang benar, melakukan ibadah yang baik dan memiliki akhlak yang karimah (terpuji).
  2. Cerdas, yang mempunyai kecerdasan untuk memahami dan menerima Islam secara kaffah dan mempunyai kesanggupan untuk menggali ilmu dengan ikhlas.
  3. Terampil, yang mempunyai kemampuan untuk membaktikan ilmunya di tengah masyarakat dan mempunyai kesanggupan untuk berusaha.
  4. Disiplin, yang mempunyai kedisiplinan yang tinggi untuk mengatur waktu dan kehidupannya.

Selain tujuan-tujuan di atas, masih terdapat beberapa tujuan lain dari didirikannya Pondok Pesantren Attaqwa Putri, yaitu:

  1. Meningkatkan Sumber Daya Manusia kaum perempuan. Tujuan ini dicapai dengan meningkatkan kualitas SDM santrinya semaksimal mungkin untuk bekal mereka di masyarakat, baik berupa pelajaran agama dan umum, tata cara beribadah, dan memberikan berbagai keterampilan kepada santri yang belajar di pondok ini.
  2. Membentuk calon-calon guru dan dai’yah yang siap pakai di masyarakat. Tujuan ini dicapai dengan memberikan pelajaran berupa praktek mengajar sore bagi siswi tiga aliyah, latihan berpidato pada acara muhadharah, latihan berceramah di majelis-majelis taklim di sekitar pondok, dan praktek mengajar di beberapa Madrasah Ibtidaiyah yang bernaung di bawah Yayasan Attaqwa.
  3. Mencetak pemimpin-pemimpin Islam yang mempunyai visi dan misi yang istiqamah sebagai iqamatuddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *