Cegah Virus Corona, Ponpes Attaqwa Putri Gelar Penyuluhan Kesehatan

Santri dan Pemateri Puskesmas Bahagia Berfoto Bersama Usai Penyuluhan Kesehatan

BEKASI, ATTAQWAPUTRI.SCH.ID – Sabtu (07/03) Ponpes Attaqwa Putri dan Puskesmas Bahagia menggelar Penyuluhan Kesehatan: Bahaya Virus Corona, Kesehatan Lingkungan, dan Kesehatan Remaja (Reproduksi) untuk santri Madrasah Aliyah (MA) Attaqwa Pusat Putri.

Penyuluhan yang berdurasi 2 jam ini bertempat di Masjid Al-Baqiyatussolihat berlangsung menarik, interaktif, dan komunikatif karena sejak Desember 2019 lalu dunia digemparkan dengan munculnya virus corona di kota Wuhan dan telah menyebar ke negara Asia lainnya. Penyuluhan kesehatan ini merupakan langkah tepat untuk menjawab rasa penasaran santri tentang virus tersebut.

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian dengan gejala, demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan, letih, dan lesu.

Selain mamaparkan penyebab dan gejala virus Corona (Covid-19), para santri juga mendapatkan informasi antisipasi penyebaran virus corona yaitu:  (1) Cuci tangan dengan air mengalir, (2) gunakan masker bila batuk/pilek,  (3) konsumsi gizi seimbang, (4) hati-hati kontak dengan hewan, (5) rajin olahraga, (6) jangan mengkonsumsi daging yang belum dimasak, (7) bila batuk, pilek, dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.  Puskesmas Bahagia mengajak para santri untuk ber-Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara makan sayur dan buah, rajin olahraga, cuci tangan, dan makan makanan yang bergizi.

Santri MA Attaqwa Pusat Putri Mempraktik Teknik Mencuci Tangan yang Benar

“Mari kita mulai menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari, dimulai dari diri sendiri dan mengajak kerabat serta keluarga”, ungkap Elis Sumarni, S.Tr.Keb selaku pemateri Penyuluhan Kesehatan: Bahaya Virus Corona.  Para Santri juga mempraktikan penggunaan masker dan teknik 6 langkah cuci tangan yang baik sehingga penyuluhan ini semakin menarik dan tidak membosankan.

“Virus corona tidak menyeramkan seperti yang kita bayangkan. Hal terpenting sekarang adalah mencegah penularan virus corona salah satunya dengan mencuci tangan, memakai masker (bila sedang sakit), dan menjaga daya tahan tubuh”, imbuh bu Elis menutup materi Bahaya Virus Corona.

Ibu Nunung nurhikmah, STr. Keb saat memberikan materi kesahatan remaja (reproduksi)

Tak hanya itu, Puskesmas Bahagia juga memberikan penyuluhan tentang kesehatan remaja (reproduksi). Bu Nunung nurhikmah, S.Tr.Keb sebagai pemateri menjelaskan bahwa setiap perempuan akan mengalami usai produktif (remaja) yang ditandai perubahan fisik dan psikis seperti menstruasi serta pencarian jati diri.

Bu Nunung menghimbau para santri agar menjaga kesehatan reproduksi dengan cara membersihkan organ reproduksi dengan benar, menjaga kebersihan handuk dan pakaian dalam, konsumsi makanan sehat, kelola stress,  dan tidur yang cukup.

Kegiatan Penyuluhan ini ditutup dengan sesi tanya jawab santri MA Attaqwa Putri terkait langkah preventif penyebaran virus corona dan menjaga kebersihan alat reproduksi.

MM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *