5 Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Oleh : Syaripah Sanusi, S.HI

Marhaban yaa Ramadhan..

Bulan suci Ramadhan yang telah ditunggu-tunggu telah tiba. Umat islam di seluruh dunia bergembira menyambutnya dengan berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan. Mulai dari menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh maupun menjalankan ibadah sunnah. Salah satu ibadah yang bisa kita lakukan saat bulan Ramadhan dan hari biasa adalah tadarus Al-Qur’an atau membaca Al-Qur’an.

Tadarus Al-Qur’an adalah membaca Al-Qur’an bersama-sama dengan fasih dan tartil serta memahami kandungannya.

Tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan, di antaranya:

  1. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Membaca Al-Qur’an pada hari biasa, pahala yang kita dapatkan dihitung dari setiap huruf yang kita baca. Membaca 1 huruf Al-Qur’an akan dibalas dengan sepuluh kebajikan. Seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadist:

وَ عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدِ رَضِيَ اللَهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَمْ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ،  وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ اَمْثَالِهَا لاَ اَقُوْلُ : الۤمۤ حَرْفٌ بَلْ اَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَ مِيْمٌ حَرْفٌ (رَوَاهُ التُّرْمُذِيُّ)

Dari Ibn Mas’ud RA berkata, Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur’an) maka ia mendapat satu kebaikan. Setiap kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan: “Alif laam miim” satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (Riwayat Atturmudzy)

Terutama jika kita membaca Al-Qur’an pada bulan suci Ramadhan. Maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

وَ عَنْ عَا ئِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَمْ : اَلَّذِيْ يَقْرَأُؤالْقُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌبِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ، وَالَّذِيْ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيْهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ اَجْرَانِ (متفق عليه)

Dari Aisyah RA berkata, rasullah SAW bersabda: Orang yang baca Al-Qur’an dan ia mahir,  maka nanti akan bersama-sama dengan para malaikat yang mulai lagi taat, sedang  orang yang membaca Al-Qur’an dan dia merasa susah di dalam membacanya, tetapi ia selalu berusaha maka ia mendapat dua pahala. (Riwayat Bukhori dan Muslim).

 Jika belum bisa membaca Al-Qur’an maka belajarlah. Belajar membaca, memahami, dan mengamalkannya.

Karena dalam hadist Nabi SAW:

وَعَنْ عُثْمَانَ ابْنِ عَفَّانَ  رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَمْ : خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ. (رَوَاهُ الْبُخَاريُّ)

Dari Utsman bin Affan RA berkata Rasullah SAW bersabda: Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. (Riwayat Bukhori)

Mengapa dikatakan sebaik-baiknya? Karena yang kita pelajari dan kita ajarkan adalah kalamullah. Masya Allah..

  1. Mempererat Ikatan Ukhuwah Islamiyah

Salah satu manfaat tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan yaitu mempererat ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama umat Islam.  Jika kita mengikuti tadarus Al-Qur’an di masjid atau musholla maka akan menyambung silaturahmi sesama saudara mulsim lainnya yang mungkin sempat terputus karena kesibukan masing-masing.

  1. Jiwa Menjadi Lebih Tenang dan Tentram

Dengan tadarus Al-Qur’an akan memberikan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa. Di dalam surat Al-Isra (17) Ayat 82 dijelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT untuk menjadi obat segala penyakit kejiwaan sehingga bagi siapapun yang membacanya akan mendapat ketenangan dan ketentraman dalam jiwanya serta sebagai rahmat bagi orang yang beriman.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا (الإسراء: 82)

  1. Terhindar dari Gibah

Ghibah sering kali terjadi oleh karena itu daripada kita membicarakan orang (ghibah) yang bisa merusak pahala puasa kita, lebih baik kita mengikuti kegiatan positif seperti tadarus Al-Qur’an di masjid, musholla, tempat pengajian atau di rumah. Maka kita akan terhindar dari ghibah dan fokus tadarus Al-Qur’an.

  1. Mendapatkan Syafa’at di Hari Kiamat

Sabda Rasulullah:

عَنْ اَبِيْ اُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَمْ يَقُوْلُ : اِقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَاِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لِاَصْحَابِهِ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Dari Abu Umamah RA berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya Al-Qur’an itu nanti pada hari kiamat akan datang untuk memberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (Riwayat Muslim)

Di saat kita dihisab, Al-Qur’an akan datang menolong kita.

“Pada hari kiamat nanti akan didatangkan Al-Qur’an dan orang-orang yang mengamalkannya di dunia dengan didahului oleh surah Al-Baqoroh dan Ali ‘Imran untuk mempertahankan orang yang mengamalkannya” (Riwayat Muslim)

Marilah kita jadikan Al-Qur’an sebagai sahabat sejati kita terutama di bulan Ramadhan. Alangkah banyak orang yang rutin membaca koran, majalah, dan whatsapp, tetapi tidak sempat untuk membaca Al-Qur’an, semua itu adalah godaan syaitan. Maka dari itu, perbanyaklah membaca Al-Qur’an jangan melewatkannya.

Itulah 5 Keutamaan Tadarus Al-Qur’an, semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu istiqomah dalam membaca Al-Qur’an. Aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *