Back

Peringatan Hari Pahlawan 2023 Semangat Pahlawan untuk Masa Depan dalam Memerangi Kebodohan dan Kemiskinan

Bekasi – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasioanal. Tahun 2023, tepat 78 tahun silam terjadi pertempuran besar antara tentara Indonesia yang berjuang mempertahankan bangsa dan negara Indonesia dari serangan pasukan asing.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar zikir, ziarah, dan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlwan Nasional 2023 di Kompleks Makam Pahlawan Nasional Al-Maghfurlah KH. Noer Alie di Pondok Pesantren Attaqwa Putri bertema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemisikanan dan Kebodohan”

Kepala Dinas Sosial Kab. Bekasi selaku pelaksana acara zikir, ziarah, dan  tabur bunga Hari Pahlawan ke-78 Tingkat Kab. Bekasi 2023 menyatakan ucapan terima kasih kepada para hadirin tamu undangan dan mengungkapkan tujuan dilaksanakannya Peringatan Hari Pahlawan yaitu:

  1. Mengenang dan menghormati jasa para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan
  2. Membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengunggah kesadaran masyarakat agar dapat menginterpretasikan semangat dan nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari
  3. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai negara persatuan RI
  4. Meningkatkan rasa kecintaan dan kebanggaan sebagai bangsa dan negara RI

Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2023 diisi oleh petugas Inspektur Upacara Komanda Kodim 0509, Komandan Upacara Komandan Koramil 04 Babelan dan dihadiri oleh Santri dan Ahlul Waris Al-Maghfurlllah KH Noer Alie, Fokopinda Perangkat Daerah, Para Danapil Se-Kab. Bekasi, Kapolsek se-Kab Bekasi, Camat Se-Kab Bekasi, Unsur Kodim0509 Bekasi, unsur Polres Metro Bekasi, Unsur satpol PP, Unsur Dishub, dan ASN Kab. Bekasi.

Pada kesempatan ini, Dr. KH. Irfan Mas’ud, MA selaku Pimpinan Yayasan Attaqwa yang mewakili ahlul bai/ahlul waris Al-Magfurllah KH. Noer Alie Pahlawan Nasional menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan para pejabat daerah dan tamu undangan telah hadir di Masjid Al-Baqiyatussolihaat, di masjid pertama yang dibangun Al-Maghfurllah setelah pulang dari Mekah dan menjadi saksi perjuangan Al-Maghfurllah. Beliau berharap melalui kegiatan Peringatan Hari Pahlawan, kita semua dapat menjadi bangsa yang hebat karena tidak melupakan sejarah.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-78 Kab. Bekasi 2023 dihadiri oleh PJ Bupati Bekasi yang diwakili oleh Sekda Kab. Bekasi. Beliau menyampaikan sambutannya bahwa pahlawan sangat berjasa karena rela berkorban demi bangsa dan negara dnegan sangat berani, mereka rela mempertaruhkan nyawa demi kemerdekan RI. Semangat dan pengorbanan menjadi sumber inspirasi bagi kita, jangan sekali-kali melupakan sejarah  hal ini harus kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kemerdekaan yang kita rasakan hari ini memerlukan perjuangan dari pahlawan.

Hari ini adalah momentum peringatan Hari Pahlawan yang kita adakan setiap tahun untuk mengingatkan kepada kita perjuangan pahlawan dalam gerakan Revolusi Nasional Indonesia dalam Pertempuran Surabaya yang pecah pada 10 November 1945. Meski hanya memiliki senjata sederhana, namun Bangsa Indonesia tidak pantang menyerah dan takut mati demi mempertahankan kemerdekaan Ibu Pertiwi. Perjuangan sekarang tidak hanya dibatasi dengan perjuangan mengangkat senjata, namun juga perjuangan Upaya melawan kemiskinan dan kebodohan yang tercermin pada tema Hari Pahlawan Ke-78.

Pondok Pesantren Attaqwa Putri dan Koorikawati menyerahkan donasi untuk Palestina sebesar Rp. 100.000.000,- yang disaksikan langsung oleh para pejabat pemerintahan Kab. Bekasi dan tamu undangan dalam acara Zikir, Ziarah, dan Tabur Bunga Peringatan hari Pahlawan Nasional ke-78 Kab. Bekasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *